Bingung Membuat RPP, LKS, Media, dan Perangkat Lainnya?

Menjadi Guru adalah Pilihan, bukan karena kecelakaan atau tidak diterima ditempat lain. Ketika kita memilih menjadi seorang guru maka kita sudah siap dengan semua beban (tugas) yang diamanahkan kepada kita. Selain menjadi pengajar guru juga dituntut untuk mendidik karakter siswa tak terkecuali beban administrasi yang harus dipersiapkan oleh seorang guru seperti perangkat pembelajaran meliputi: rpp, silabus, lks, media, program semester, program tahunan, dan lain-lain. Bahkan guru juga diharapkan dapat menghasilkan karya ilmiah salah satunya dalam bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk itulah pemerintah melalui kemdikbud terus berupaya mengembangkan kompetensi guru untuk menjadi guru profesional salah satunya melalui Program Profesi Guru (PPG)

Tentunya untuk meningkatkan kompetensi guru tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh proses terukur, tepat sasaran, dan berkelanjutan. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi guru dalam menjalankan profesinya adalah kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran, banyak yang hanya copy-paste tanpa membaca isi perangkatnya, sehingga pembelajaran yang diterapkan sama sekali tidak sesuai sebagaimana isi dalam RPP.

Jika anda masing bingung dalam menyusun perangkat pembelajaran, berikut ada beberapa referensi yang dapat anda gunakan untuk memperoleh file-file perangkat pembelajaran secara gratis, kunjungi saja:

Sekali lagi, ini hanya untuk referensi saja, untuk metode, model, dan strategi pembelajaran silahkan dikembangkan sendiri disesuaikan dengan kondisi siswa dikelas, karena tentunya kondisi siswa disetiap kelas akan berbeda.

Semoga kita semua menjadi guru-guru profesional!
Pak DZ

Guru Matematika SMA Negeri 5 Kejuruan Muda

Post a Comment

Previous Post Next Post