Cara Mengubah/Convert Partisi Dari Dynamic ke Basic tanpa Hilang Data

Perubahan tipe partisi hardisk dari basic ke dynamic terjadi akibat dari proses pembagian/shrink Volume hardisk menjadi beberapa bagian. Contoh: misalnya hard disk kita cuma punya 2 partisi yaitu Local Disk C dan D, lalu kita ingin membagi lagi partisi menjadi satu bagian lagi anggap saja Local Disk E, Nah pada saat proses Shrink Volume inilah kita diberi perintah merubah tipe partisi dari basic ke dynammic, karena kalau kita tidak mengikuti perintah tersebut maka kita tidak akan dapat membagi pertisi hard disk tersebut.
Oke, Langsung saja untuk mengubah/convert tipe partisi dari dynamic ke basic tanpa memformat hard disk dan tanpa menghapus suatu file apapun alias data kita aman, kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasinya bisa anda download di link berikut:
Download aplikasinya: Aomei Dynamic Disk Converter 3.5 Pro. [Password: wfuture-way]
Cara menggunakan:
1. Ekstrak dan eksekusi file .exe nya.
2. Buka aplikasinya maka akan tampil seperti gambar dibawah. pilih method 1 kemudian next.
Mengubah/Convert Partisi Dari Dynamic ke Basic

3. Beri tanda checklist pada bagian hard disk yang ingin di konversi menjadi basic. jika anda memasang 2 hard disk seperti gambar dibawah ini beri tanda ceklist dua-duanya.. hilangkan ceklist pada bagian "cek here if the selected disk".

4. Beri tanda ceklist pada "i have decide execute this operation".. dan pilih "proceed" dan
tunggu hingga merestart.

Setelah restart coba masuk ke "create and format hard disk partitions" lihat type partisi Lokal Disk hard disk anda tulisan Basic sudah muncul pada tabel tersebut.
Sekian tipsnya, semoga bermanfaat untuk sobat semua!
Referensi
Pak DZ

Guru Matematika SMA Negeri 5 Kejuruan Muda

20 Comments

Previous Post Next Post