Pembelajaran Matematika dengan GeoGebra for Android

Materi Matematika
Selamat malam sobat blogger semua, semoga dalam kondisi sehat walafiat. Kali ini mau ngeshare informasi tentang pembelajaran matematika interaktif.

Seiring dengan perkembangan teknologi, dunia pendidikan sekolah juga diharapkan semakin berkembang. Untuk itu perlu ditunjang dengan berbagai faktor pendukung, mulai dari kurikulum, sarana dan prasarana, manajemen sekolah yang baik, hingga peningkatan kompetesi guru harus diupayakan.

Dari berbagai faktor yang disebutkan diatas menurut saya yang paling penting adalah peningkatan kompetesi guru, karena ini guru merupakan garda terdepan dalam mengimplementasikan faktor-faktor lainnya.

Baik sekalipun kurikulum tidak akan berjalan bila guru tidak mampu mengimplementasikannya. Salah satu kompetensi guru yang harus ditingkatkan adalah kemampuan guru dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran.

Penggunaan Android dalam Pembelajaran Matematika

Penggunaan media dalam pembelajaran diharapkan dapat mempermudah tercapaikan tujuan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien. Khususnya dalam pembelajaran matematika banyak sekali materi-materi yang abstrak sehingga membutuhkan media untuk mempermudah pemahaman peserta didik.

Misalnya dalam memecahkan masalah matematika, fungsi grafik, membuat konstruksi geometris, melakukan statistik dan kalkulus, tentu akan sangat mudah bila didukung dengan media yang tepat. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk masalah tersebut adalah Aplikasi GeoGebra.

Berbicara tentang aplikasi tentu harus ada perangkat keras yang harus kita gunakan seperti komputer (PC / laptop / notebook). Anda dapat mengunduh aplikasi GeoGebra for Windows bila anda menggunakan PC sebagai perangkat.

Seiring berkembangnya penggunaan smartphone Android, International Geogebra Institute terus melakukan pengembangan terhadap aplikasi Geogebra ini sehingga dapat digunakan oleh pengguna smarphone android.

Ada beberapa varian GeoGebra for Android yang dapat digunakan, diantaranya:
  • GeoGebra Math Apps - Dapat memecahkan beberapaka masalah matematika seperti, geometri, aljabar, lembar kerja, grafik, statistik dan kalkulus dalam satu paket yang mudah digunakan. Namun beberapa perangkat tidak compatibel dengan versi ini (termasuk smartphone saya, heheh). Info detail
  • GeoGebra Graphing Calculator - Memecahkan masalah matematika, fungsi grafik, membuat konstruksi geometris, melakukan statistik dan kalkulus. Info detail
  • GeoGebra 3D Grapher - Digunakan untuk menggambar benda 3 dimensi seperti padatan (benda pejal), bola, pesawat, dan bentuk 3 dimensi lainnya. Juga dapat memecahkan masalah linear geometri, alur z = f (x, y) fungsi dan permukaan parametrik. Info detail
Bila teman-teman tertarik untuk mencoba menggunakan geogebra melalui smartphone androidnya silahkan saja download aplikasinya secara gratis melalui playstore google.

Berikut sedikit tutorial penggunaan GeoGebra di Android:

Source: Youtube
Pak DZ

Guru Matematika SMA Negeri 5 Kejuruan Muda

1 Comments

Previous Post Next Post